Lokasi : Villa Melati, Berawa – Canggu

Kolam Koi Outdoor memiliki tantangan tersendiri utamanya pada menjaga lumut. Lumut sendiri akan sangat mudah tumbuh pada kolam-kolam koi outdoor. Kebetulan, klien kami di Villa Melati, Berawa – Canggu ini memiliki kolam outdoor yang waterfall nya kebetulan menggunakan batu alam dan kebetulan subur nih lumutnya. Jadi Tampak kurang Bersih saja walaupun sebenarnya lumut ini sangat penting untuk kesehatan habitat air kolamnya.

Pada dasarnya Lumut dapat dengan mudah tumbuh dengan kondisi kolam sebagai berikut :

  1. Kolam cenderung Basa atau kurang asam
  2. Kolam berada pada outdoor dan mendapat matahari langsung
  3. Sisa makanan pada kolam cukup sering
  4. Kolam tidak memiliki filtrasi yang baik
  5. Media filter tempat bakteri baik tumbuh tidak maksimal.

Lalu jika lumut terlanjut banyak apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi?
Berikut apa yang sedang kami lakukan, dan akan kami terapkan pada kolam klien kami di Villa Melati, berawa – Canggu. Dimana tebing waterfallnya sudah mulai tumbuh lumut tebal pada hari ke 4 setelah kami melakukan rekondisi filtrasi.

MAKSIMALKAN FILTRASI CHAMBER
Saat artikel ini dimuat, kolam baru melewati hari ke 5 semenjak kami melakukan rekondisi dan redesign media filter. Jadi dapat dikatakan fungsi bakteri belum maksimal, karena media filter masih sangat baru sehingga membutuhkan paling tidak 10 hari hingga 14 hari untuk bakteri mulai bekerja.

MENURUNKAN PH AIR
Dengan menggunakan media tambahan “sementara” berupa daun ketapang yang sudah kami rebus sebelumnya, Nantinya daun ini akan kami tempatkan di chamber terakhir, untuk dapat menurunkan PH air di kolam. Tujuannya mempercepat proses penurunan PH air.

MEMAKSIMALKAN AERASI
Dalam artian akan mendesain agar air turun lebih cepat, berhubung kondisi mesin pompa utama sudah mulai melemah, maka kami akan coba maksimalkan agar pergerakan air lebih cepat melalui jemputan air di skimmer (atas) dan bottomdrain (bawah). Tujuannya memastikan sisa pakan dapat ditarik dengan segera agar tidak terjadi pengendapan.

MEMASANG UV
Jurus pamungkas yang kami akan lakukan adalah memasang tambahan lampu Ultraviolet (UV) pada chamber terakhir. Karena posisi lumut yang ingin kami control berada pada tebing waterfall, maka pada chamber terakhir dimana pompa mendorong air ke waterfall, kami akan pasangi lampu UV. Keberadaan lampur UV sendiri sangat tidak Sesuai dengan lingkungan hidup algae atau lumut. Jadi dengan begitu, lumut akan menggumpal dan mati. Selanjutnya tinggal bagaimana kami akan membersihkan lumut-lumut yang mati dan menggumpal tersebut dari kolam nanti.

Suksma buat kiriman UV nya Bli Tude Nano (+62 857-3947-2069). Buat rekan yang perlu peralatan kolam dan media filter bisa cek di ASWATAMA AQUATIC. Kami di Koi Made Bali biasanya cuman telp dan dibawakan oleh Tim Bli Tude Nano.