Lokasi Maintenance Kolam Koi di Villa Melati, Berawa – Canggu

Kolam koi, sujatinya berbeda dengan kolam hias pada umumnya. Sebagaimana kolam yang Koi Made Bali rawat di Villa ini – sebenarnya peruntukkannya bukan untuk koi. Namun, bukan tidak mungkin untuk menjadi habitat koi. Hanya saja memang diperlukan beberapa perubahan dan penyesuaian.

Ketika tim Koi Made Bali mendapatkan emergency call dari pihak management villa, yang pertama kami pikirkan adalah keselamatan koi. Kebetulan terdapat keluhan ikan koi sakit dan mati ketika awal kami mendapatkan telpon. Maka, tanpa piker panjang selang beberapa saat kami langsung melakukan kunjungan emergency dan mencoba menyelamatkan semaksimal mungkin koi dalam kolam tersebut.

Ada beberapa review pada kolam Villa Melati, Berawa – Canggu. Kami mulai maintenance pada akhir bulan September 2021. Diantaranya adalah :

SUDUT / SHARP CORNER
Untuk keselamatan dan kenyamanan koi, seharusnya kolam koi menghindari sudut-sudut tajam. Hal ini mengurangi luka atau cacat nya ikan koi ketika berbenturan dengan sudut tersebut. Ketika koi mengalami luka, maka akan memancing berbagai penyakit.

LUMUT / ALGA
Lumut menjadi ornament yang cukup penting untuk kesehatan koi. Lumut merupakan spirulina alami yang menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan habitat air yang baik untuk kolam koi. Tanpa adanya lumut akan sulit bagi ikan koi bisa mejaga kualitas airnya.

AERASI & ARUS AIR
Sangat penting untuk membuat air memiliki arus yang baik dan tepat. Dengan perputaran air yang baik maka kualitas oksigen dalam air menjadi baik dan membantu menciptakan habitat air yang baik, tidak terlalu panas dan aman untuk koi.

FILTRASI
Keberadaan chamber / filter dengan media yang tepat, bersesuaian dengna ukuran dan kondisi air dalam kolam tersebut menjadi teramat sangat penting. Ingatlah bahwa air ini berputar secara simultan selama beberapa minggu / bulan lamanya. Sehingga filtrasi berfungsi sebagai jantung dan hati bagi kolam tersebut untuk menyegarkan dan menyehatkan kembali air kolam. Tanpa merusak atau mengurangi kualitas airnya.

PAKAN
Pemilihan pakan dan pola pemberian makanan juga penting dalam prosesnya. Untuk menciptakan habitat air yang baik, kondisi tersebut menjadi penting untuk mendapat perhatian. Ikan tidak over feeding (kelebihan pakan), dan air tidak menjadi terlalu berat amoniak akibat terlalu banyak sisa makanan yang mengendap.